Puasa dan Konsumsi Virgin Coconut Oil

Kesalahan Besar Terhadap Lemak Yang Harus Anda Tahu
October 7, 2017

Puasa dan Konsumsi Virgin Coconut Oil

Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan Bulan Ramadhan ya. Agar tetap sehat dan bugar ketika berpuasa, yuk sama sama kita pelajari bersama pola seperti apa yang bisa kita tetap fit walau tidak akan makan dan minum selama lebih kurang 12 jam

Makanan dengan nutrisi yang baik sangat diperlukan bagi tubuh, apalagi saat menjalani ibadah puasa. Nah sudah tahu kan, kalau nutrisi itu garis besarnya ada 2 macam. Ya mikro dan makro. Nutrisi tubuh mana yang paling diperlukan saat puasa?

Tidak usah bingung, karena kedua jenis kebutuhan gizi ini harus dipenuhi setiap hari. Zat gizi makro terdiri atas protein, lemak, dan karbohidrat. Sementara zat gizi mikro adalah zat yang terdiri dari vitamin dan berbagai macam mineral.

Kedua zat gizi ini tentunya sama-sama penting bagi tubuh, namun yang berbeda adalah jumlah yang diperlukan tubuh dalam sehari. Zat gizi makro lebih banyak dibutuhkan ketimbang zat gizi mikro.

Ketika kita berpuasa, maka kadar gula darah kita akan cenderung rendah, sehingga tubuh akan mulai beradaptasi menggunakan bahan bakar keton.

Proses ini yang dikenal dengan istilah ketosis. Ketosis Artinya tubuh menggunakan bahan bakar lemak yang ada di tubuh. Kita kan pasti punya cadangan lemak di tubuh, di pipi, di lengan, di paha, dan tentu di perut kita.

Nah, apa perlu dan bisa konsumsi virgin coconut oil ketika berpuasa?
Ya, virgin coconut oil mengandung energi dari rantai lemak menengah yang cepat diubah menjadi energi. Selain itu kandungan asam laurat juga dimetabolisme lebih lama, jadi kita awet kenyang jika sahur kita konsumsi VCO ini lho!

Berapa banyak vco ketika sahur?
Sesuaikan saja dengan kebutuhan. 1-2 sendok makan sudah cukup kok.

Lalu kalau berbuka bagaimana?
Pada prinsipnya hindari makanan manis berlebihan ketika berbuka. Kenapa? karena akan membuat gula darah dan glukosa kita naik sangat tinggi sekali. Ini sangat berbahaya bagi tubuh lho. Karena secara otomatis tubuh kita akan memerlukan hormon insulin yang sangat banyak untuk mengolah gula tersebut. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar mengatur dan menyeimbangkan menu ketika berbuka puasa.

Jika Anda menginginkan kurma, pilih kurma segar, ataupun yang bebas gula. Batasi 1-3 butir saja. Alternatif lain adalah dengan air putih.

Bagaimana kalau buka dengan virgin coconut oil?
Bisa saja. Bisa dicampurkan juga di teh atau kopi Anda lho. Ini juga memberikan energi agar kita bisa terus ibadah sholat magrib, sholat isya, hingga sholat taraweh. Kalau kita terlalu banyak makan ketika berbuka, malah membuat kita malas dan ngantuk.

Sebelum tidur, Anda bisa juga menambahkan 1 sendok makan VCO agar proses regenerasi sel bisa lebih optimal. Tidurlah tanpa lampu sehingga kualitas tidur Anda jauh lebih baik.

Selamat berpuasa!

PS. Jika membutuhkan virgin coconut oil,
pilih yang berkualitas dan HALAL.
pilih vico bagoes.

GRATIS Ebook Resep Rawfood

Dapatkan update Seputar Manfaat & Khasiat Virgin Coconut Oil, Gaya Hidup Organik dan Alami + BONUS Promo Produk tiap Minggu!

1 Comment

  1. […] tujuan mencapai kondisi ketosis (menggunakan lemak sebagai sumber energi utama, termasuk dari virgin coconut oil atau VCO ). Waktu makan tentu sangat mendukung diet ketogenic ini. Terutama sebagai restriksi […]

GRATIS Ebook Resep Rawfood

Dapatkan update Seputar Manfaat & Khasiat Virgin Coconut Oil, Gaya Hidup Organik dan Alami + BONUS Promo Produk tiap Minggu!